24 C
id

Kapolres Pasaman Ikut Meriahkan Perayaan Titik Kulminasi Matahari dan Peringatan Hari Meteorologi Dunia ke-74 Tahun 2024 di Equator Bonjol.

Pasaman, MataJurnalis.com_Kapolres Pasaman, AKBP Yudho Huntoro S.I.K, M.I.K, turut ambil bagian dalam perayaan Hari Meteorologi Dunia ke-74 dan Hari Titik Kulminasi Matahari yang menjadi acara utama Pasaman Equator Festival, yang diselenggarakan di Tugu Khatulistiwa Bonjol, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, pada Sabtu (23 Maret 2024).

Acara perayaan titik kulminasi matahari berlangsung di taman wisata Equator Bonjol Jorong Kampung, Alai Nagari Ganggo Mudiak, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman.

Turut hadir dalam perayaan Titik Kulminasi Matahari Equator tahun 2024 adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DR. Sandiaga Salahuddin Uno, Wakil Gubernur Sumatera Barat DR. Audy Joinaldi, Sekretaris Utama BMKG Pusat IR. Budi Sutrisno, Wakil Komandan Pusat Teritorial AD Mayjend Herianto Syahputra, S.IP, M.Si, Bupati Pasaman Sabar AS, Rektor Institut Teknologi Sumatera, Kapolres Pasaman AKBP Yudho Huntoro, S.IK, M.IK, Unsur Forkopimda Kabupaten Pasaman, Walikota Solok, Perwakilan Rektor Universitas se-Sumatera Barat, H. Benny Utama Tokoh masyarakat Pasaman, Kepala OPD Kabupaten Pasaman, Unsur Forkopimca Kecamatan Bonjol, Camat se-Kabupaten Pasaman, Para Wali Nagari se-Kabupaten Pasaman, serta Ninik Mamak, tokoh masyarakat, korwil, dan kepala UPT Sekolah.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan penyambutan tamu undangan dengan silek Songsong, atraksi tradisional Lukah Gilo, dilanjutkan dengan menyaksikan atraksi fenomena alam Perayaan Titik Kulminasi, dan pelepasan balon dalam rangka Hari Meteorologi Dunia ke-74 (dipandu oleh BMKG), serta peluncuran pembangunan Bagonjong Equatorium.

Dalam sambutannya pada Pasaman Equator Festival di Tugu Khatulistiwa Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, "Fenomena alam yang kita saksikan hari ini sangat luar biasa."

Acara juga mencakup penampilan kesenian tarian kolosal perjuangan Tuanku Imam Bonjol, serta peninjauan Taman Wisata Equator Bonjol oleh rombongan. Setelah acara selesai, rombongan kembali ke Padang. (J)






Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -