24 C
id

Khatam Al Qur'an Lansia Binaan PAIF Kemenag Kota Bukittinggi

Bukittinggi, Rakyatsumbarnews.com_Kegiatan Khatam Al Qur'an merupakan sudah menjadi agenda tahunan di setiap lembaga Pendidikan Qur'an pada berbagai daerah di Sumatera Barat termasuk Kota Bukittinggi. Namun khatam Al Qur'an lebih dominan pada level generasi atau anak anak seumuran sekolah. 

Beberapa tahun belakangan ini khususnya di Bukittinggi kegiatan khatam Al Qur'an tidak saja bagi generasi. Tapi Lansia pun juga melakukan khatam Qur'an. Seperti hal Minggu, 31 Desember 2023.

Sebanyak 17 orang Lansia yang tergabung ke dalam Kelompok Lansia Mengaji Masjid Jamik Mandiangin Kota Bukittinggi Berkhatam Al-Qur'an bertempat di Masjid Jamik Mandiangin Kota Bukittinggi. 

Beberapa minggu sebelumnya juga telah di lakukan juga khatam Qur'an Lansia di Masjid Tablighiyah Garegeh sebanyak 62 orang. 
Peserta khatam Al-Qur'an ini merupakan binaan Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Rusman Edi, yang menjadi Nominator Penyuluh Agama Islam Award tingkat Nasional 2023 lalu. 

Tujuan khatam Qur'an Lansia ini pertama, Memotivasi para masyarakat umumnya dan Lansia khusus untuk selalu belajar dan membaca Al Qur'an. Kedua, mengimarahkan Masjid kita yang sedang dalam progres pembangunan dalam menuju wajah barunya. Ketiga, mengadakan Iven yang jarang dilakukan semoga menambah semangat masyarakat untuk meramaikan masjid kita, ungkap Rusman Edi pada Hari Senin (1/1) siang.

"Khatam Al-Qur'an hanya sebagai media dakwah dalam menanamkan kecintaan umat ialam pada Al-Qur'an sehingga mampu memahami dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. Dampak yang di harapkan dari kegiatan ini adalah munculnya semangat dan keinginan masyarakat dan jamaah untuk mendalami Al Qur'an," tuturnya.

Kegiatan ini sangat didukung oleh Pengurus masjid dan tokoh masyarakat atas terlaksananya kegiatan ini. Semoga khatam Al Qur'an akan menjadi agenda tahunan di Mada mendatang, pungkasnya.***

Pewarta : Sutan Mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -