24 C
id

Viral Penggelembungan Suara Capres 02 di TPS 13 Bukittinggi, Sumatera Barat.




Bukittinggi matajurnalist.com_ Beredar video viral yang menunjukkan penggelembungan suara untuk calon presiden nomor urut 02 di TPS 13 Kelurahan Ipuah Mandiangin Kota Bukittinggi Sumatera Barat, pada hari Kamis (15/2/2024).

Dalam video berdurasi 2 menit 07 detik tersebut, terlihat rekapitulasi hasil Pilpres berbasis aplikasi input KPU yang sangat berbeda dengan hasil rekap manual C1 dari TPS. Pasangan capres 02 tiba-tiba mengalami lonjakan suara dari 41 menjadi 841, dengan selisih lebih dari 800 suara.

Hasil rekapitulasi manual dari TPS 13 menunjukkan bahwa pasangan capres 01 memperoleh suara tertinggi, yaitu 146 suara, diikuti oleh capres 02 dengan 41 suara, dan capres 03 dengan 4 suara.

Ketua KPU Bukittinggi, Satria Putra, menyatakan melalui pesan singkat bahwa pihaknya akan melakukan pengecekan dan supervisi terhadap dugaan kesalahan tersebut. 

Hal ini menjadi perhatian serius karena adanya indikasi bahwa rekapitulasi melalui aplikasi KPU tidak sesuai dan cenderung menguntungkan salah satu calon.

"Aplikasi Sirekap sebagai alat bantu. Kemungkinan Kawan-kawan KPPS salah ketik atau salah input. Bisa jadi Ketika penulisan X (silang) di C.Hasil bersentuhan dengan garis-garis kotak, maka X tersebut akan terbaca menjadi angka 8. Patokan Kita tetap hitungan manual berjenjang," ungkap Satria.

Lanjut Satria, "pada Sabtu (17/02/2024), Insya Allah akan dilakukan rekapitulasi di kecamatan,  kalau ada yang keliru ditingkat TPS oleh KPPS, akan Kita perbaiki ketika rekapitulasi di kecamatan oleh PPK," pungkas Satria Putra, Ketua KPU Bukittinggi.***

Pewarta : sutan mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -