24 C
id

Perbandingan Jumlah Daftar Pemilih Tambahan dan Pemilih Keluar di Kota Bukittinggi.

Bukittinggi RakyatsumbarNews.com_Pada Rapat Koordinasi Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kota Bukittinggi, Utche, mengungkapkan bahwa jumlah Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Kota Bukittinggi melebihi jumlah Daftar Keluar Pemilih. Hingga saat ini, terdapat 364 data pemilih tambahan yang tersebar di 3 kecamatan, dengan 181 laki-laki dan 183 perempuan.

Detail distribusi DPTb mencakup Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (139 pemilih, 55 TPS), Guguak Panjang (156 pemilih, 60 TPS), dan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB) (69 pemilih, 33 TPS). Sementara itu, jumlah pemilih yang keluar mencapai 267, terdistribusi di 3 kecamatan dengan rincian 133 laki-laki dan 134 perempuan.

Kepala Disdukcapil Bukittinggi, Emil Achir, menyampaikan bahwa warga berusia 16 tahun sudah dapat mengusulkan pembuatan KTP-Elektronik (KTP-El), dan cetakan KTP dapat selesai dalam waktu 15 menit setelah rekaman data selesai. Emil juga menegaskan keterlibatan Disdukcapil dalam mendukung KPU dan Bawaslu untuk suksesnya Pemilu 2024.

Dalam konteks pemutakhiran data pemilih, Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Kota Bukittinggi, Eri Vatria, menambahkan bahwa Bawaslu memiliki peran dalam pencegahan dan penindakan terkait pemilu. 

Dari data lapangan, teridentifikasi 50 orang pemilih yang telah meninggal, yang akan disampaikan ke Disdukcapil untuk mencegah penyalahgunaan data, pungkasnya.***

Pewarta : Sutan Mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -