24 C
id

Panwascam ABTB Adakan Rapat Kerja Teknis, Dalam Rangka Memastikan Integritas dan Keterlibatan Masyarakat Dalam Pemilu 2024.

Bukittinggi, matajurnalist.com_Menyambut mendekatnya Pemilu 2024, Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (Panwaslu ABTB) mengadakan "Rapat Kerja Teknis Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara" di Hotel Pusako Bukittinggi pada tanggal Selasa, 6 Februari 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengawasan, mencegah potensi pelanggaran, dan memastikan integritas serta demokratisasi dalam penyelenggaraan Pemilu.

Rapat ini dihadiri oleh 5 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Aur Birugo Tigo Baleh, 8 Ketua Panitia Pemungutan Suara (Ketua PPS) se-Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, serta beberapa awak media. 

Ketua Panwascam ABTB, M Akmal, menjelaskan bahwa rapat ini menjadi penting mengingat waktu menuju tahapan pemungutan dan penghitungan suara, tinggal hitungan hari lagi, ucapnya.

Salah satu fokus utama rapat adalah untuk menyamakan persepsi terkait pemahaman peraturan perundang-undangan dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara. Hal ini diharapkan dapat meminimalisir kesalahan atau pelanggaran yang mungkin terjadi di tingkat kecamatan, ujarnya.
Sementara itu, Dian Pranata Wijaya, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat, Panwascam ABTB saat di wawancarai , menekankan pentingnya penguasaan terhadap Sistem Informasi Bawaslu (Swaslu) dari tingkat nasional hingga ke tingkat PTPS. Para PTPS (Panitia Pemungutan dan Penghitungan Suara) diinstruksikan untuk memahami secara menyeluruh aplikasi tersebut guna memastikan kelancaran pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

Selain itu, dibahas pula mengenai pentingnya pengisian dan penggunaan Formulir A ( Form A) sebagai alat bukti terkait kejadian di lapangan. Hal ini akan memudahkan rujukan jika terjadi permasalahan selama proses pemungutan dan penghitungan suara. 

Para PTPS di Kota Bukittinggi diinstruksikan untuk mengisi Formulir A mulai dari saat ini hingga berakhirnya proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS masing-masing, pungkasnya.***

Pewarta : sutan mudo
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -