24 C
id

Pelayanan Kesehatan Optimal dan Kesiapsiagaan di Kota Bukittinggi Selama Libur Lebaran 2024.

Foto Bersama Kepala BPJS Kesehatan dan Kadis DKK Kota Bukittinggi bersama Awak media, usai Konfrensi Pers (1/4/2024) 

Bukittinggi matajurnalist.com_ Badan Penyelenggaraan Jaminan Soaial (BPJS) Kesehatan Cabang Bukittinggi memperluas akses layanan kesehatan di luar daerah domisili peserta, menyambut libur panjang Lebaran 8-15 April 2024.

Kepala BPJS Kesehatan Kota Bukittinggi, Haris Prayudi SKM, menyampaikan hal ini dalam konferensi pers pada Senin (1/4/2024) di Aula Kantor BPJS Kesehatan Gurun Panjang Kota Bukittinggi.

Kegiatan yang dihadiri puluhan wartawan pada saat itu, Kepala BPJS Kesehatan Kota Bukittinggi Haris Prayudi, didampingi Kepala bagian mutu layanan faskes, Antoni Rahmat dan kepala bagian mutu layanan kepesertaan, Randy Giovanny, serta Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Kota Bukittinggi Linda Faroza.

Kepala BPJS Kesehatan Kota Bukittinggi, Haris Prayudi,  menegaskan bahwa meskipun peserta tidak berada di daerah asal Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FTKP) terdaftar, layanan rawat jalan tetap tersedia di FTKP lain. 
Kepala BPJS Kesehatan Kota Bukittinggi Haris Prayudi dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi Linda Faroza, saat Sampaikan kesiapan kesehatan di Wilayah Bukittinggi dalam menyongsong Lebaran Mendatang.

Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dapat memeriksa daftar FTKP yang beroperasi selama libur melalui aplikasi Mobile JKN atau pusat layanan BPJS Kesehatan, terangnya.

Bagi peserta JKN yang memerlukan layanan di luar daerah, petugas medis dapat mengakses riwayat pelayanan kesehatan melalui aplikasi I-care JKN dengan izin pasien.

Selain itu, peserta diingatkan untuk memastikan keaktifan kepesertaan JKN keluarga dan memeriksa tanggal kadaluwarsa surat rujukan jika rutin mengakses layanan kesehatan di rumah sakit.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, Linda Faroza  menekankan pentingnya kesiapsiagaan sektor kesehatan selama libur Lebaran. Bukittinggi memiliki 6 rumah sakit, 8 puskesmas, dan 13 pos kesehatan, dengan layanan ambulans 24 jam.

Terkait kesiapan, dilakukan koordinasi lintas sektor, penyediaan pos kesehatan di lokasi wisata, dan peningkatan layanan kesehatan promotif dan preventif.

Puskesmas di Kota Bukittinggi akan beroperasi dengan jam buka pelayanan piket 09.00-13.00 WIB selama 4-16 April 2024. Pos layanan kesehatan di lokasi wisata akan aktif dari H+1 hingga H+6, ucapnya.

Masyarakat dapat memanfaatkan layanan ambulance gratis untuk kegawatdaruratan dengan nomor telepon 085103012113, kata Linda Faroza.

Dalam upaya menjaga ketersediaan obat-obatan dan alat kesehatan, seluruh rumah sakit di Kota Bukittinggi telah mempersiapkannya untuk memastikan pelayanan kesehatan yang optimal selama libur Lebaran, pungkasnya.***

Pewarta : sutan mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -