24 C
id

Meningkatkan Profesionalisme Pemandu Wisata, Fokus Sumatera Barat.

Bukittinggi, Matajurnalist.com_Dalam upaya meningkatkan kualitas, profesionalitas, dan kompetensi pemandu wisata di Sumatera Barat, Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pramuwisata Indonesia Sumatera Barat (DPD HPI SUMBAR) menyelenggarakan kegiatan Fasilitasi Sertifikasi Kompetensi Bagi Tenaga Kerja di Bidang Pariwisata - Pemandu Wisata.

Kegiatan ini diikuti oleh pemandu wisata lokal dan City Tour dari 19 Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat, berlangsung selama tiga hari dari 6 hingga 8 Mei 2024 di Grand Rocky Hotel Bukittinggi.

Pada acara penutupan (8/5/2024), Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Reymon, menyatakan bahwa meningkatnya kualitas pelayanan kepada wisatawan oleh pemandu wisata sangat penting untuk mencapai kepuasan wisatawan dan memajukan pariwisata Sumatera Barat.

Kegiatan terbagi menjadi dua sesi, pertama adalah bimbingan teknis terkait internalisasi SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) dengan narasumber dari Lembaga Sertifikasi Profesi Pramuwisata Indonesia (LSP PRAMINDO) dan Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pramuwisata Indonesia. Sesi kedua adalah pelaksanaan uji kompetensi oleh asesor dari LSP PRAMINDO.

Ketua DPD HPI Sumatera Barat, Edward Ardy, menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat dan selamat kepada peserta pemandu wisata dari berbagai daerah di Sumatera Barat. 

Kemudian pada saat itu, Edward Ardy, juga mendorong Dinas Pariwisata Kabupaten dan Kota untuk meningkatkan program-program yang berkaitan dengan peningkatan kualitas pemandu wisata.

Pemandu wisata yang belum bergabung dengan Himpunan Pramuwisata Indonesia untuk bergabung melalui Dewan Pimpinan Cabang HPI di wilayah masing-masing, pungkas Edward.***

Pewarta : sutan mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -